Lenovo G450

Perkenalkan, partner saya Lenovo G450. Dia telah berjasa banyak: sekian tahun terakhir, G450 membantu saya menulis di blog serta menjuarai berbagai kompetisi menulis.

Saya mengenal G450 lewat ayahanda saya beberapa tahun silam. Mulanya saya ragu dengan laptop ini. Bentuknya aneh, bobotnya cukup berat, dan kibornya sedikit (fungsi seperti Home dan End menjadi satu tombol, dsb). Tetapi nyatanya, laptop ini adalah laptop dengan kibor terbaik yang pernah saya pakai.

Tiap kali mengetik dengan G450, rasanya typegasm banget…. Pelatnya pas sekali dengan jari. Ketika menekan tut kibor, dalamnya pas. Risiko kesalahan ketik (typo) dengan kibor ini juga kecil. Selidik punya selidik, ternyata Lenovo adalah pembuat laptop dengan kibor terbaik di dunia.


Sayangnya sekarang Lenovo tidak mengeluarkan tipe kibor klasik seperti itu lagi. Sekarang Lenovo hanya memproduksi kibor AccuType. Tiada lagi kibor klasik Lenovo.

Kalau laptop ini belum benar-benar rusak, saya tak akan berganti kawan.

—–

Saya, Jaka Haris Mustafa. Panggilan?

2014-01-08 10.08.12

Saya, di Botanic Garden

Panggilan saya ada banyak. Ketika saya kecil, panggilan saya Tofa. Ketika pindah ke Jakarta, orang Betawi enggak bisa mengucap Tofa sehingga nama saya berubah menjadi Tofan. Ketika SMP, kawan saya suka menyebut “ejaan lama”. Semua nama teman sekelas dibuat ejaan lama (bukan Ejaan Republik apalagi Ejaan Van Ophuijsen). Nama panggilan saya jadi Tojan. Entah bagaimana nama ejaan lama saya yang paling nyangkut; nama ejaan lama kawan-kawan saya tidak berumur panjang.

Ketika SMA, saya dipanggil Jaka. Hmm… Saya merasa canggung kalau dipanggil Jaka. Sebab di keluarga besar saya tidak ada yang memanggil saya Jaka!

Maka saya buat judul weblog ini Haris Mustafa.

Saya sudah suka menulis sejak TK. Mulanya ayahanda membelikan kami sekeluarga komputer. OS-nya Windows 98 dan Linux RedHat. Karena masih minim aplikasi (belum ada internet, btw!) saya cuma bisa membuka games (games di Linux banyak sekali dan bagus-bagus) dan pengolah kata. Lewat pengolah kata, saya suka mengetik kata-kata simpel seperti…

Hari ini mendung. Ibu makan nasi. Cuaca cerah.

Di samping komputer, dulu saya dan mbah saya di desa suka surat-menyurat. Kala itu belum ada jaringan telpon di desa mbah. Wartel jauh dari rumah mbah. Paling mudah ya, menulis surat. Mbah saya menulis surat panjang-panjang, bisa mencapai 3 halaman folio. Saya yang masih TK merasa tertantang untuk membalas banyak-banyak. Nyatanya… baru setengah halaman folio sudah menyerah. Untuk menyelesaikan satu halaman folio butuh waktu hingga satu pekan, hahaha.

Untungnya kebiasaan menulis berlangsung hingga saat ini.

Lewat blog ini, semata-mata saya hanya ingin meremajakan blog lama saya di http://tofaninoff.blogspot.com dan https://tofaninoff.wordpress.com. Tentunya dengan isi yang tidak kalah menarik dan manajemen isi yang lebih terkendali.

Di samping menulis, saya yang masih mahasiswa tahun kedua juga mengasuh taman baca di bilangan Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Saya juga menjadi kepala riset dan teknologi Nano Research Technology FTUI. Untuk mengisi pundi-pundi, bekerja paruh waktu sebagai guru privat. Sehari-harinya membaca 3 majalah yang dilanggan: Tempo, Time, dan Intisari sampai-sampai tidak ada waktu untuk membaca buku.

Untuk pertanyaan, kritik, ataupun saran, bisa dikirimkan ke jaka.hm@gmail.com. Untuk yang berhubungan dengan Taman Baca Bulian, bisa dikirimkan ke mustafa@tamanbacabulian.org.

Salam!