Apakah rambut gondrong bisa membuat seseorang menjadi lebih malas? Saya tak tahu jawabannya.

Sudah sebulan ini rambut saya gondrong, hasil akumulasi dari 4 bulan tidak potong rambut. Mulanya enak, bisa kibas-kibas rambut. Tapi makin ke sini saya merasa makin begah, gerah, dan tidak nyaman.

Parahnya, makin merasa menjadi malas dan bodoh. Teman saya juga bilang, kalau saya gondrong saya jadi lebih pendiam dan terlalu serius. Hmm?

Sebenarnya saya sudah memperhatikan dan membuat data tentang gondrong dan tingkat kemalasan. Sejak sekitar 4 tahun “mencoba gondrong”, nampaknya saya lebih tidak produktif dalam hidup saat gondrong. Juga lebih merasa kelam dan suram. Huayolo.

Saya coba cari di Google Scholar untuk penelitian tentang cowok berambut gondrong dan tingkat kemalasannya; atau dengan tingkat intelektualitasnya; atau dengan tingkat kebugaran tubuhnya. Sayangnya tidak menemukan hasil apapun.

Apa ini cuma sugesti, seperti kata @arisbw?