Sekitar dua minggu lalu masyarakat dibikin heboh oleh berita sitaan rumah Djoko Susilo yang mencapai 10 unit. Semuanya rumah-rumah mewah, top markotop. Tidak ada yang biasa-biasa saja, apalagi jelek.

Salah satu rumah yang disita berlokasi di Tanjung Mas Raya. Komplek sebelah rumah saya!

Baru saja saya ke sana dan melihat-lihat. Kondisinya mengenaskan. Kerangka atap bagian depan hancur, di garasi banyak kayu-kayu yang tak terurus.

image

Tak ada rumah yang tidak mewah di Tanjung Mas Raya. Rumah Djoko Susilo pun bisa digolongkan mewah, meskipun masih ada puluhan rumah lagi yang jauh lebih mewah dari pada itu.

Dua rumah di sebelah rumah sitaan Djoko Susilo statusnya dijual. Saya tak tahu dia sudah jual sejak lama, atau baru saja dijual karena ‘aji mumpung’ diliput wartawan, atau pura-pura pasang status dijual karena malas ditanya-tanya wartawan.

Begitulah, cerdas juga cara Djoko Susilo mencuci uang. Lewat jual beli rumah, penjual tentu tak akan bertanya asal uangnya, sebab rasanya tidak etis. Apalagi kalau rumah mewah yang dijual, ada yang bertanya saja sujud syukur (fyi, menjual rumah mewah itu sulit sekali. Bisa 3-4 tahun baru laku).

Advertisements