Tadi malam Amel (4), adik saya yang paling kecil ogah-ogahan mengerjakan PR. PR-nya juga rada-rada sih: menebalkan angka 15 sebanyak satu halaman. Hello, anak TK A disuruh menulis?

Semakin disuruh, dia semakin marah-marah. Alasannya banyak, mulai dari malas, ngantuk, dan beribu alasan lainnya. Aduh🙂

Tak lama kemudian, ibu saya membongkar lemari dan menemukan mainan edukasi saya saat kelas 1 SD. Namanya PAS, dari Westermann Lernspiel. Disodorkanlah mainan itu ke Amel.

image

Satu set mainan in terdiri dari buku soal, satu papan panel, serta 12 keping pin yang enak dipegang untuk mengerjakan soal.

Konsepnya sederhana dan aplikasinya mudah. Papan panel dipasangkan di halaman bawah. Halaman atas sebagai soal. Keping pin nomor 1, berarti untuk soal nomor 1. Oh iya, ada paket untuk balita dan anak SD. Paket balita biasanya bentuk soalnya berupa gambar. Anak tinggal mencocokkan gambar di soal dengan yang ada di panel, sesuai petunjuk. Oh iya, tingkat kesulitan meningkat setiap ganti halaman.

image

Kalau jawabannya benar, maka mainannya akan “mengungkap” gambar geometri yang ada di lembar soal! Kalau salah, tentu geometrinya tidak akan cocok dengan di lembar soal.

image

Amel senang betul main ini. Buktinya sampai jam 23:00 dia belum berhenti dari permainan itu. Nampaknya permainan ini juga lebih efektif mengenalkan anak kepada huruf dan angka.

Tapi nampaknya mainan ini sudah tidak dijual lagi. Sayang sekali..

Ketika ditanyakan PR, dia langsung mengantuk. Hehe.