Besok pagi hingga menjelang siang Waktu Indonesia Barat, kita akan menyaksikan kejadian langka: transit Venus. Karena kalau transit Venus esok hari terlewat, maka kita harus menunggu 105 tahun untuk dapat menyaksikan transit Venus.

Tentang transit Venus dan serba-serbinya bisa dibaca di berbagai artikel di internet. Salah satunya di artikel LangitSelatan.

Saya jadi ingat transit Venus terakhir, yaitu tahun 2004. Saat itu harian Kompas cukup ramai memberitakannya. Begitupun majalah Bobo. Yang jelas yang saya ingat dari informasi di Kompas adalah jangan menyaksikan transit Venus secara langsung dengan mata telanjang, atau melalui pantulan matahari di air, atau menggunakan kacamata hitam biasa, atau menggunakan kamera. Kamera jangan langsung disorot ke sinar matahari sebab akan membuat sensor kamera rusak. Selain itu jangan menonton transit Venus lewat kamera sebab cahaya yang dihasilkan dari kamera akan lebih terfokus dan membahayakan.

Cara terbaik adalah menggunakan pelat film sekitar 3 sampai 4 lapis. Atau menggunakan pelat disket yang juga disusun berlapis mencapai 4 lapis.

Jadi ingat dulu sempat pesan disket ke Pakde untuk menyaksikan transit Venus 2012…. Dan sekarang disketnya sudah hilang entah di mana.