Hari ini nggak masuk sekolah. Sakit dan nggak bisa ngapa-ngapain. Tiduran nggak enak, baca pun nggak bisa. Akhirnya pilihan jatuh ke nonton TV.

Saluran demi saluran berpindah. Akhirnya nonton Eurosport yang saat itu lagi menayangkan “American Football”. Olahraga yang bikin saya penasaran, soalnya di Amerika terkenal sekali.

Kesan pertama saya: serem. Pemain cadangannya buanyak buanget di sekitar lapangan. Mungkin lebih dari 50 orang. Lalu yang bikin tambah serem adalah, mereka memakai helm dan badannya besar-besar semua.

Karena nggak ngerti dan pengen ngerti American Football, layar TV terus saya pantengin. Hingga kesan kedua saya: nggak jelas banget!

Anda pernah nonton rugby? Bola yang dipakai kira-kira sama dengan rugby. Hanya yang membedakan adalah, kalau rugby masih jelas dan seru. Misalnya kalau bola jatuh ke tanah, permainan terus dilanjutkan. Rugby juga masih mengharuskan “sedekah bola” alias oper mengoper antar pemain satu regu.

Sedangkan american football nampaknya tidak ada koordinasi antar pemain. Walaupun main atas nama grup, tapi kesannya main untuk diri sendiri. Terbukti oper-mengoper hanya terjadi di awal “servis” saja. Setelah itu, nggak ada oper-operan lagi. Bola malah dibuang ke luar.

Kesan ketiga saya: pemainnya goblok. Sepanjang permainan, pemain grup x menghantam pemain lawan, padahal nggak tahu posisi bola ada di mana. Yang penting, “Lawan berhasil gw hantam,” mungkin itu pikir mereka.

Dan kesan keempat: bosen parah. Soalnya nggak sampai 30 detik, bola dibuang ke luar lapangan, atau jatuh ke lapangan. Dua hal itu mengharuskan bola ditendang dari awal. Atau (mungkin) istilah di sepakbola, free kick. (Maaf saya awam sepakbola).

Kesan kelima: kok ya yang nonton buanyak banget. Apa mereka nggak bosen ya… Atau malah senang melihat pemain hantam-hantaman? Haha, gak tau lah.

Ini cuma kesan saya ya. Saya hanya orang awam. Bagi Anda yang tidak setuju, silakan kritik atau beri masukan~