Sekitar satu minggu lalu (15/11) ada Pandji Pragiwaksono di Gramedia Depok. Dia sedang membedah buku terbarunya, Nasional-is-me.

*****

Hiruk-pikuk terdengar di TB. Gramedia Depok. Semula saya nggak tertarik, karena saya kira penulis buku sebangsa Raditya Dika atau kawan-kawannya. Tapi begitu saya dekati, oh bukan. Ternyata Pandji yang selama ini saya kenal sebagai presenter sekaligus pelawak.

Penampilan Pandji kala itu beda sekali dibandingkan saat di televisi. Di situ ia lebih terlihat dewasa dan wajahnya cerah.

Pandji mengakui bahwa dirinya suka menggeluti banyak hal. Mulai dari jadi presenter, selebriti, hingga menjadi penulis. Namun, satu hal yang benar-benar ia ingin tekuni adalah menjadi seorang wirausahawan.

Sebab menurutnya, salah satu indikator negara sukses adalah perekonomiannya baik. Perekonomian baik dapat diraih jika jumlah wirausahawan banyak.

Dia juga menyadari bahwa dengan menjadi wirausahawan, dia dapat membuka lapangan pekerjaan. Dengan begitu, makin sedikit jumlah pengangguran di Indonesia.

*****

Karena saya datang terlambat, maka cuma buntut itu saja yang saya dengar. Sedih. Akhirnya sesi tanya jawab dibuka, dan sudah ada 3 penanya yang mengantre.

Pertanyaan pertama dan kedua menurut saya tidak menarik, jadi tidak saya perhatikan jawabannya.

Hingga akhirnya pertanyaan ketiga. Ada seorang lulusan UI yang bertanya, intinya seperti ini: bagaimana cara kita meyakinkan ke orang lain, bahwa perubahan itu nggak terjadi secara instan?

Kemudian Pandji yang juga mengurus (entah sebagai produser atau apa) di acara Provocative Proactive menjawab.

Negara itu masalahnya buanyak. Jadi jangan harap hanya dengan satu episode acara Provocative Proactive, didapat solusinya. Nggak akan bisa.

Ibaratnya seperti itu. Jadi, yang namanya perubahan itu nggak bakalan bisa terjadi secara instan. Elo ada di dunia ini aja merupakan proses, kok. Nggak mungkin kan lo lahir terus langsung bisa jalan? Pasti butuh proses, mulai dari tidur-tiduran, guling-gulingan, merangkak, pegangan di meja, sampai bisa jalan beneran.

Nah perubahan menuju yang lebih baik itu terjadi secara bertahap.

Menurut gue, apa-apa di negara ini itu semakin baik. Nggak ada yang semakin buruk. Nah masalahnya adalah, gimana caranya mempertahankan yang baik-baik itu, sambil memperbaiki yang jelek-jelek.

Ingatkan saja, perubahan itu butuh proses.