Banyak sekali buku motivasi yang menjanjikan iming-iming “Jalan Menuju Sukses”. Isi buku tersebut rata-rata adalah: bekerja sekeras-kerasnya, maka Anda akan menjadi bintang no. 1 dunia.

Padahal, kesuksesan itu tidak hanya dipengaruhi seberapa kerasnya kerja Anda. Tapi juga berutang dengan faktor: status sosial orangtua, etnis, tempat tinggal, bahkan tanggal lahir. Begitulah menurut Malcolm Gladwell, dalam bukunya Outliers.

Buku ini dibuka dengan kisah pemain hoki muda di Kanada. Setelah diselidik, dari sekian puluh pemain hoki, hanya yang terlahir di bulan Januari hingga Maret lah yang rata-rata membawa tim menuju kesuksesannya.

Mungkin pembaca akan merasa kaget, dan terlintas di benak bahwa ramalan bintang itu benar. Tentunya Gladwell tidak melihat fenomena ini dari kacamata astrologi.

Hal yang membuat anak yang lahir antara Januari hingga Maret lebih sukses dalam permainan hoki adalah, karena batas penerimaan pemain hoki muda adalah bulan Januari. Saya sengaja tidak memberikan penjelasan rinci, jadi jangan bingung. Marilah kita beralih ke kisah Bill Gates dan Kaidah 10.000 Jam.

Apa yang membedakan Gates dengan anak lain adalah karena dia mendapatkan faktor hoki yang sangat tinggi. Dirinya adalah pemuda yang bersemangat. Orangtuanya adalah orang kaya, sehingga dia disekolahkan di sekolah yang sangat baik. Bahkan sekolahnya saat itu adalah satu-satunya sekolah yang memiliki sebuah komputer generasi baru, yang memungkinkan siapapun membuat program dengan sangat mudah.

Gates sangat terpesona akan kehadiran mesin pintar di sekolahnya. Tak heran sejak masih sangat belia Gates kecil sudah suka menginap di lab untuk membuat program untuk komputer.

Hal tersebut dia gandrungi saban hari.

Kehidupan teman-teman SMA-nya yang borju dan lebih suka berpacaran, dia hindari. Dia lebih suka mendekam di laboratorium komputer dan membuat program baru. Bahkan dia rela bangun subuh-subuh untuk pergi ke University of Washington. Sebab, dia tahu bahwa setiap harinya mulai pukul 03.00-06.00 lab komputer kosong. Dan Gates menggunakan kesempatan itu untuk masuk dan membuat program.

Hingga sekitar 10.000 jam telah dia habiskan di ruang komputer untuk membuat program. Dan kesuksesan menjemputnya.

Tunggu, bagaimana dengan tanggal lahir Gates? Gates lahir tahun 1955.

Bagaimana dengan tahun lahir Steve Jobs (pendiri dan CEO Apple), Eric Schmidt (CEO Google), dan Paul Allen (orang kedua pendiri Microsoft bersama Gates)?

Mereka terlahir pada tahun 1955 juga. Ternyata faktor tanggal lahir juga menentukan.

Ada pula faktor sosial keluarga, dan beberapa lagi. Semuanya akan dijelaskan di Outliers.

*****

Buku ini keren. Benar-benar membuka mata akan apa itu kesuksesan sebenarnya. Dan semakin membuat kita menyaadari bahwa orang yang sukses sudah sepantasnya bersyukur dengan keadaan yang sedemikian beruntungnya. Ya, beruntung. Sebab kesuksesan hanya akan menghampiri orang yang beruntung, kemudian bekerja keras. Bukan semata-mata yang bekerja keras.

Sayangnya buku ini hanya mencantumkan sedikit contoh-contoh kesuksesan. Yah, memang tak perlu banyak-banyak karena toh sedikit pun sudah cukup.

Buku ini sangat direkomendasikan buat yang ingin dirinya sukses, atau anak-anaknya sukses. Rate saya: 8,8/10.