Saya gemes banget tiap kali lihat orang internetan dan yang dibuka cuma Facebook atau Twitter. Gemeessss. Seolah-olah internet isinya cuma social media + Google doang.

Padahal nggak.

Bukannya saya mau ikut campur masalah keuangan orang dengan ngomentarin, “Eh lo langganan internet segitu mahalnya cuma buat facebook?”. Nggak kok. Saya cuma mau menekankan kalau internet itu lebih besar daripada Library of Congress!

Jadi sebenarnya sangatlah sia-sia kalau uang (katakanlah) sebesar 100 ribu yang dihabiskan untuk langganan paket data Blackberry, dan hanya dipakai untuk buka facebook atau twitter. Dengan langganan internet nggak perlu ngeluarin uang sampai 100 juta cuma buat mengakses informasi dari Library of Congress.

Lewat internet bisa: lihat berita terkini; lihat review buku terbaru; melihat kemajuan dunia internasional (jadi kita nggak merasa kaya di dalam negeri yang sumber daya alamnya berjibun ini); nonton film secara online dan legal; beli musik terbaru tanpa perlu pergi ke mall; belajar secara online tanpa harus pergi ke sekolah formal; mengetahui lokasi wisata yang layak untuk dikunjungi; berdagang; menambah pengetahuan; menulis dan dibaca orang seluruh Jakarta, bahkan Indonesia, bahkan dunia! Dan masiih banyak lagi.

Library of Congress mana bisa. Dia nggak menyediakan film terbaru, apalagi toko.

Sekarang, saya mau kasih alternatif situs bagus yang bisa bikin langganan internet senilai 100 ribu per bulan nggak sia-sia.

1. Situs berita

Situs berita mulai dari nasional sampai internasional ada di internet. Apalagi situs berita internasional, beritanya tidak hanya sekedar politik dan keuangan. Ada juga dari sains, lingkungan hidup, hingga entrepreneur.

Untuk situs nasional, misalnya detikcom, Tempo Interaktif, Kompas.com, dan Viva News.

Untuk situs internasional juga ada BBC News, CNN, Guardian, dan banyak lagi. Bagi yang masih belum terbiasa dengan Bahasa Inggris, menurut saya Bahasa Inggrisnya BBC termasuk yang paling mudah.

2. Blog

Bicara blog, tentunya tidak cuma aktivitas menulis. Tapi juga blogwalking. Blog-blog Indonesia yang termasuk bagus antara lain Enigma, blog yang membahas hal-hal misteri secara ilmiah (sumbernya dapat dipercaya!). Ada lagi Pecas Ndahe, blog yang menurut saya cukup menarik. Dan Tanya Jawabannya, yang isinya menarik walaupun sudah jarang diupdate lagi. Tentunya masih ada jutaan blog lainnya yang menarik untuk dikunjungi😉

3. Stumbleupon

Awas kesandung di situs bagus!

Yak, Stumbleupon adalah “situs perantara” yang bikin Anda tersandung di situs menarik yang Anda minati. Cara menggunakannya cukup sign up, lalu centangi hal-hal yang Anda minati di form pendaftaran. Lalu, klik tombol “Stumble your interest!”

Saya berani jamin, situs yang muncul bakal bikin mulut Anda ternganga😛

4. Teknologi & Sains

Situs sains dari Indonesia yang menarik antara lain NetSains *yap, untuk situs sains Indonesia yang layak baca sejauh yang saya tahu hanya ini😦 *

Lalu yang dari luar antara lain DailyScience, NewScientist, io9, Popular Science, PhysOrg, HowStuffWorks, Science Channel, dan yang terakhir, jurnal ilmiah paling bergengsi dan berbayar: Science.

Untuk teknologi dari Indonesia ada Chickenstrip dari niwat0ri. Konsep situs ini adalah bikin komik strip. Ada juga yang dari luar, di antaranya Ars Technica, The Register, Mashable, dan Boing Boing. Bagi pengguna Linux, ada juga OMG! Ubuntu!.

5. Politik

Karena saya tidak terlalu suka dan peduli dengan politik, yang saya tahu hanya Politikana🙂

6. Hiburan

Dari Indonesia, ada GNFI. Situs ini berisi prestasi-prestasi dan hal-hal baik yang berasal dari Indonesia! Sangat dianjurkan untuk dibuka. Kemudian ada juga Kompasiana. Kaskus, forum internet terbesar di Indonesia yang isinya macam-macam: mulai dari obrolan remeh-temeh hingga jual beli.

Dari luar negeri, sebenarnya ada banyak. Salah satunya Cracked.

7. Jual Beli

Dari Indonesia, forum jual belinya Kaskus direkomendasikan. Hanya saja karena kaskus merupakan forum yang sangat besar, Anda kesulitan untuk menawar di sini :p Ada juga Bhinneka, khusus jualan barang elektronik. Ada lagi Juale.

Dari luar negeri, tentu saja ada Amazon dan eBay. Tapi siap-siap dengan ongkir yang mahadahsyat, ya, jika beli di toko-e luar tersebut😛

8. Social Media

Siapa bilang social media cuma ada Facebook dan Twitter? Buktinya ada Goodreads. Situs ini didedikasikan bagi penggemar buku. Di sini penggemar buku bisa saling bertukar resensi dan memamerkan buku apa saja yang sudah pernah dibaca. Karena yang ditekankan adalah buku yang pernah dibaca, tentu saja konsepnya berbeda dengan Facebook dan Twitter.

Ada juga Google+. SocMed yang tergolong seumur jagung ini masih belum memperbolehkan orang untuk bebas mendaftar. Alias, Anda yang belum punya harus diundang oleh pengguna Google+ terlebih dahulu supaya bisa menggunakan jejaring sosial ini.

9. Layanan Google

Siapa bilang Google hanya mesin pencari? Tidak bung!

Google punya kalender, tempat di mana Anda bisa menyimpan agenda penting Anda. Google dokumen, tempat di mana Anda bisa mengolah kata ataupun pekerjaan kantor lainnya tanpa perlu beli bajakannya Microsoft Office. Google buku, perpustakaan dan toko buku yang besar. Google reader, situs yang menampung situs lainnya. Jadi di Reader, Anda bisa baca situs berita, sains, dan lain sebagainya hanya dengan membuka Reader. Maps, kalau kesasar, tinggal buka peta dari handphone! Scholar, tempat Anda mencari artikel-artikel yang berhubungan dengan pendidikan.

Dan YouTube, “perpustakaan” video terbesar sejagad raya ini. Lewat YouTube, berbagai macam video mulai dari video klip hingga sains, ada. Cukup cari saja channel yang bagus, kemudian berlanggananlah. Nanti akan muncul di home YouTube Anda setiap Anda membuka YouTube.

10. TED: Ideas Worth Spreading

TED adalah situs yang berisi talks atau semacam seminar menarik dan tidak biasa. Bukalah!

****

Nah, sekian saja. Ingat, orang yang merugi akan dilaknat Tuhan! Dan akan merasa menyesal, baik cepat atau lambat!