Tahukah Anda kalau manusia itu ditakdirkan sebagai makhluk pejalan kaki? Tahukah Anda kalau pada saat tidur, otak kita merekapitulasi hal-hal yang kita pelajari saat kita sadar? Tahukah Anda kalau otak manusia menyukai gambar–karena nenek moyang kita hanya dihadapi oleh gambar!

Fakta-fakta menarik seputar otak tersebut bisa dilihat dan digali lewat buku Brain Rules karya John Medina.

Buku ini, seperti buku The Invisible Gorilla, akan mengungkap fakta mengagumkan tentang cara kerja otak kita. Medina menekankan 12 aturan otak yang menjadi titik berat buku ini. Di antaranya adalah: olahraga, tidur, dan perbedaan otak pria dengan wanita.

Olahraga. Sebenarnya, nenek moyang manusia adalah makhluk yang tinggal dan bergantung di pohon. Namun, pada suatu masa, pohon-pohon mulai berkurang dan digantikan semak belukar. Nenek moyang yang semula “berjalan” dengan mengayunkan tangan, dipaksa untuk mengubah gaya hidup dengan berjalan kaki. Jadilah manusia modern memiliki tangan yang pendek–lebih pendek daripada keluarga kera lainnya–dan kaki yang lebih panjang dan kuat.

Hal ini menjadikan manusia unggul. Hal itu karena ternyata berjalan menggunakan empat kaki lebih menguras tenaga. Beruntunglah nenek moyang manusia berjalan menggunakan 2 kaki saja, alias bipedal. Akhirnya, tenaga yang dipakai simpanse untuk sekedar berjalan, bisa dialokasikan oleh manusia untuk mengembangkan otaknya. Ya, otak.

Manusia menjadi semakin hebat. Karena manusia diberi keterbatasan oleh Tuhan yaitu keterbatasan fisik–bayangkan macan yang mengorek isi perut mangsanya dengan kukunya dan badak yang mampu berlari cepat–maka manusia diberikan kelebihan lain: mengembangkan kemampuan otaknya. Tak heran kalau negara yang sanggup mengeksplorasi kekuatan otaknya lebih maju ketimbang negara yang hanya menggali kekuatan otot😉

Nah, disebutkan di atas bahwa nenek moyang kita mengalokasikan energi yang seharusnya untuk berjalan, menjadi untuk mengembangkan otak kita. Tidak heran kalau, otak manusia, yang bobotnya hanya 5% dari tubuh manusia, mengkonsumsi hingga 20% total energi yang diperoleh manusia. (Tidak heran kalau pepatah “anak yang bersekolah setengah hari lebih lelah ketimbang petani yang memacul sawah seharian” itu benar). Karena jumlah energi yang luar biasa banyak itulah, tak bisa dipungkiri buangan racun yang diproduksi otak kita sangat banyak.

Inilah kenapa manusia membutuhkan olahraga. Dengan olahraga, racun-racun yang ada di otak lebih mudah untuk dibuang. Semata-mata karena pembuluh darah di otak lebih “fresh”, sering dilalui darah. Selain itu, olahraga juga menyuplai oksigen lebih banyak ke otak. Hal ini membuat kerja otak semakin baik. Lantas pertanyaannya: olahraga apa?

Disebutkan di awal, bahwa nenek moyang kita adalah makhluk pohon yang berevolusi menjadi makhluk pejalan kaki. Jadi jawabannya adalah: jalan kaki. Manusia purba, berjalan kaki hingga 40 km/harinya. Itu berlangsung cukup lama–hingga ribuan tahun. Sayang, saat teknologi memasuki kehidupan manusia, tidak sampai 100 tahun, manusia berubah menjadi malas bergerak. Karena malas bergerak, otak menjadi kekurangan suplai oksigen. Otak juga tidak optimal dalam membuang racunnya. Tidak heran kalau negara yang isinya orang pemalas, rata-rata manusianya tidak normal.

Pengaruh olahraga juga bisa dilihat pada manusia lanjut usia. Disebutkan di awal bab bahwa manusia yang semasa hidupnya aktif, masa tuanya akan lebih cerah. Namun sayang, orang yang mudanya hanya duduk-duduk santai, masa tuanya lebih suram dan menyedihkan. Medina menyediakan contoh manusia-manusia tersebut.

Lalu, tidur. Disebutkan ada anak muda yang memecahkan rekor dunia dengan tidak tidur selama 11 hari! Bagaimana keadaannya? Hari pertama, dia biasa saja.. Namun mulai hari ketujuh, dia mulai seperti orang gila. Stress, tidak keruan, dan mengerikan. Sampai-sampai nampaknya sudah tidak mungkin untuk tidur lagi.

Ah, nampaknya saya kebanyakan memberi bocoran. Lebih baik Anda membeli bukunya saja. Untuk versi Bahasa Indonesia, Brain Rules diterbitkan oleh Penerbit Gramedia. Harganya 63.000 rupiah. Bisa dibeli di toko buku terdekat.

Enjoy!