Siapa yang tahu program Djarum Black Innovation Awards? Kontes tahunan ini berhasil menggali kreativitas anak bangsa untuk menemukan/mengkreasikan hal baru yang berguna dan punya nilai jual.

Nah, Australia sudah mulai menggali bakat-bakat penemu sejak tahun 2004. Lewat acara televisi, The New Inventors!

Di tiap episode yang berdurasi ~25 menit ini, tiga barang temuan akan diperkenalkan, dan tentu saja “diadu”. Setiap barang akan diperkenalkan cara penggunaannya, daya guna, dan berbagai keunggulan melalui video singkat. Kemudian, sang inventors akan diajak ngobrol oleh dewan juri. Mereka ditanya bermacam-macam. Mulai dari mengapa bisa mendapat ide seperti ini, kira-kira bakal memiliki market share atau tidak, dan hal lainnya yang patut untuk ditanyakan. Yang jelas, acara ini bisa dibilang jauh dari unsur teknis yang menjemukan!

Kemudian di akhir segmen acara, juri akan ngobrol sebentar, dan diumumkan siapa yang berhak mendapat anugerah sebagai pemenang. Ada 6 kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi pemenang: originality; yep, karya harus original! Need; apakah dibutuhkan oleh publik? Safety; amankah untuk digunakan? Design; untuk meraih keuntungan saat dijual, barang harus memiliki desain yang menarik! Market and marketability; kira-kira, kalau dijual laku atau tidak? Dan, manufacture and pricing, alias harga dan biaya produksi yang dibutuhkan: masuk akal atau tidak.

Contohnya, kemarin saya nonton sepasang suami istri yang senang bepergian, dan menemukan lampu dari, entahlah semacam gel yang diletakkan di atas kertas–saya lupa namanya. Jadi, saat “kertas” tersebut dialiri listrik kecil, “kertas” tersebut akan berpendar terang! Sangat berguna saat bepergian karena bentuknya tipis, atau untuk dekorasi dalam ruang.

Kemudian, ada juga yang menemukan pick untuk gitar, tetapi tidak dipegang. Melainkan diselipkan ke jari, dan terasa sangat nyaman. Ada juga yang menemukan alat untuk pemanasan yang sangat berguna.

Well, karena semua barangnya bukan barang yang biasa, tentu saja saya kesulitan untuk mendeskripsikannya dengan kata-kata😀 Akhirnya, sepasang suami istri yang menemukan lampu tersebutlah yang keluar sebagai pemenang.

Banyak barang-barang yang dipresentasikan di The New Inventors yang berhasil merambah pasar. Otomatis, sang penemu akan mendapatkan keuntungan😀

Kalau nggak salah, dahulu pernah ada ide untuk mengadaptasi acara ini di Indonesia. Tapi sayang, nggak ada kabar lanjutannya..

Bagi yang punya jaringan TV satelit atau TV kabel, bisa menyaksikan The New Inventors di saluran ABC Australia, atau Discovery Science.