Tadi pagi setelah subuh, untuk pertama kalinya setelah sekian tahun saya menyaksikan ada televisi swasta yang menyiarkan lagu Indonesia Raya! Yap, lagu kebangsaan NKRI!

Jujur saya salut dengan stasiun TV tersebut. Soalnya, saya iseng-iseng pindah saluran, dan tidak ada yang menyiarkan Indonesia Raya.

Terakhir saya lihat, sekitar 3 tahun lalu (atau malah lebih ya?). Nah, mari kita telusuri ingatan saya (yang moga-moga tidak banyak terdistorsi)…

Waktu kecil, saya hobi banget nonton TV. Sampai-sampai siaran lebay saat Bu Tien Soeharto wafat, masih sedikit banyak terpatri di ingatan saya. Acaranya lama banget, dan semua TV menyiarkannya. Lalu masih saat rezim Soeharto, saat itu setiap jam 18.30 (atau 19.00?) semua stasiun televisi menyiarkan satu program berita yang sama. Jadi zaman dulu, nggak ada Seputar Indonesia, Liputan 6, dan Kabar Petang. Kalau berita, siarannya sama. Ini seingat saya, kalau salah tolong dikoreksi…

Nah, dan semuanya setiap stasiun TV “buka”, pasti menyiarkan lagu pembuka: Indonesia Raya.

Ini masih terus berlangsung sampai rezim Soeharto selesai. Sekitar tahun 1999-2002an, setiap Indonesia Raya masih dinyanyikan di TV. Video temanya keren, saya jadi terharu sendiri..

Nah, seiring berkembangnya zaman, stasiun televisi mulai tayang 24 jam nonstop. Tapi, setiap jam 05.00 pagi, masih disempatkan nyetel lagu Indonesia Raya.

Sampai sekitar tahun 2007, stasiun televisi yang membuka hari dengan Indonesia Raya kian sedikit. Sampai-sampai sekitar tahun lalu, saya nggak pernah menyaksikan televisi swasta yang menyiarkan. Bahkan Metro TV, yang saya kira nasionalis, nggak nyetel lagi…

Tapi tadi pagi, saya lihat! Wow! Dan akhirnya jadilah tulisan ini..