ShipIt has closed | Ubuntu – After delivering millions of Ubuntu CDs to millions new users, our ShipIt programme has finally run its course. While we can no longer deliver free CDs through the programme, it’s still easy to get Ubuntu. You can download Ubuntu for free from Ubuntu.com or you can buy a CD straight from the Canonical shop.

Itulah kalimat yang tertulis di website Canonical: mereka menghentikan pendistribusian CD Ubuntu gratis lewat ShipIt.

Dilansir dari Canonical Blog, Gerry Carr menyatakan bahwa perusahaan mereka, Canonical, akan memfokuskan diri kepada mendistribusikan CD langsung kepada LoCos (Local Ubuntu Community Teams) daripada mendistribusikan CD secara gratis kepada pemesan di seluruh dunia.

Apa itu ShipIt?

ShipIt adalah sebuah layanan yang dibuat oleh Canonical untuk mendistribusikan CD Ubuntu secara gratis kepada pengguna Ubuntu yang menginginkannya.

Ubuntu adalah sistem operasi berbasis Debian GNU/Linux. Canonical adalah perusahaan yang “menggarap” sistem operasi ini.

CD Ubuntu gratis dari ShipIt

Semula proyek ini dibikin oleh Canonical untuk memfasilitasi pengguna Ubuntu yang tidak memiliki akses internet cepat untuk mendownload Ubuntu versi terbaru, dan juga untuk memperkenalkan Linux kepada dunia. Namun, seiring bertambah banyaknya permintaan CD, maka tujuan ShipIt lebih difokuskan untuk menyebarkan Linux—khususnya Ubuntu—kepada orang awam di seluruh dunia yang belum pernah menggunakan Linux. Maka, tak pelak ada banyak penikmat fasilitas ShipIt yang tidak dapat memesan CD lagi. “Anda sudah terlalu banyak memesan CD. Silakan mendownload lewat link di bawah, atau beli di toko. ShipIt adalah layanan untuk memfasilitasi “bukan pengguna Linux” untuk mencicipi Linux secara gratis.” begitu kata ShipIt kepada user yang sudah terlalu sering memesan CD.

Saya dahulu adalah pengguna ShipIt. Bermula saat saya ingin menggunakan Ubuntu versi terbaru saat itu, 9.04. Namun, karena belum memiliki akses internet yang kencang dan unlimited, saya diberitahu oleh teman saya kalau ada ShipIt: bisa pesan CD Ubuntu gratis. Dia hanya dikenakan biaya oleh tukang pos setempat sebesar Rp3.000,00. Penasaran, saya coba memesan. Ternyata dari proses pemesanan hingga tiba di rumah memakan waktu yang sangat lama: sekitar tiga sampai empat minggu. Tetapi setelah paket tiba di rumah, rasanya puas karena kualitas paketnya sangat bagus. CD dikemas dalam amplop-berongga-udara-anti-terlipat. Ternyata isi CD gratis ini (cover, tampilan, kualitas) sama persis dengan CD yang dijual di toko Canonical. Plus, dapat bonus satu set stiker nggak lengket yang dijual di toko Canonical pula. Well, walaupun nggak lengket, siapa yang tidak senang?

Inilah yang membuat pengguna Ubuntu ketagihan pesan CD lewat ShipIt.  Nampaknya ini pulalah yang bikin Ubuntu jadi distro Linux paling populer di dunia.

Goodbye, ShipIt.

Namun, karena banyaknya permintaan dan tujuan utama ShipIt adalah memperkenalkan Ubuntu kepada pengguna baru, maka sejak versi 10.10 Maverick Meerkat, saya tidak bisa pesan lagi. Dan dari berita yang dirilis situs OMG! Ubuntu! Rabu siang (April 6, 2011, 13:43 WIB) diberitakan kalau mulai dari rilis Ubuntu versi 11.04, kita semua tidak akan bisa memesan CD gratis lewat ShipIt lagi. Tetapi CD akan tetap tersedia kepada LoCos yang disetujui, lewat program yang menyerupai ShipIt.

Apa itu LoCos?

LoCos, atau Local Ubuntu Community Teams, adalah komunitas Ubuntu lokal yang ada di setiap negara/negara bagian. Tujuan dari LoCo adalah untuk memasyarakatkan, mempromosikan, mengembangkan, menerjemahkan, bahkan memperbaiki debug-debug di Ubuntu. Website tim LoCo Indonesia adalah http://www.ubuntu-id.org/ dan http://ubuntulinux.or.id/blog/. Selengkapnya tentang tim LoCo Indonesia bisa dilihat di sini https://wiki.ubuntu.com/IndonesianTeam.

Sementara itu, ntuk “user biasa” yang ingin punya CD Ubuntu yang bagus dan asli dari luar negeri sana, mau tidak mau harus beli di toko Canonical. Atau kalau tidak mau beli, download sendiri atau bisa beli di toko CD di Mall Ambasador😀

Goodbye, ShipIt. Goodbye CD gratis Ubuntu….

 

Sumber: OMGUbuntu.co.uk, Wikipedia, Ubuntu.com